Friday 29 September 2017

Sekilas tentang Codeigniter

Sekilas tentang Codeigniter

Codeigniter adalah sebuah framework bahasa pemrograman PHP. Codeigniter bisa dibilang framework PHP paling populer di Indonesia berkat kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaannya. Maka tak heran jika situs-situs besar seperti kompas.com dan okezone.com juga mengadopsi sistem ini sebagai core engine websitenya.

Codeigniter menawarkan kemudahan serta standarisasi dalam proses pengembangan website dan aplikasi berbasis web. Dengan Codeigniter proses pengembangan website menjadi lebih cepat dan terstandar. Standar ini sangat berguna dalam pengembangan website yang dikerjakan oleh tim.

Codeigniter juga telah menyediakan library dan helper yang berguna dan mempermudah proses development. Ibarat ingin membangun rumah  maka anda tidak perlu membuat semen, memotong kayu menjadi papan, mengubah batu menjadi porselen, dan lain sebagainya. Anda cukup memilih komponen tersebut lalu dikombinasikan menjadi rumah yang sangat indah. Meski telah disediakan semua beragam komponen dan library oleh Codeigniter, namun anda juga bisa membuat library atau komponen itu sendiri.

Terdapat beberapa kelebihan dalam penggunaan Codeigniter yaitu:

1. Menghemat waktu
    Dengan struktur dan library yang telah disediakan, maka anda tidak perlu lagi memikirkan hal-hal tersebut. Anda hanya perlu fokus pada logika pemrograman yang sedang dikerjakan.

2. Code Reuse
    Dengan Codeigniter, suatu pekerjaan akan memiliki standar yang baik. Sehingga anda dapat menggunakannya kembali pada proyek-proyek yang akan datang.

3. Dukungan komunitas
     Terdapat komunitas yang siap membantu masalah anda.

4. Kumpulan Best Practice
     Codeigniter merupakan kumpulan kode best practice yang sudah teruji. jadi anda dapat sekaligus meningkatkan kualitas pemrograman anda

Sumber : (Wahana Komputer, 2014)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Motivasi

Jalani hari-hari dengan bismillah dan ikhlas

Contact

WA : 085 727 109 286

Service

Menerima jasa pembuatan aplikasi